Tips

Makhluk Legenda Mitologi Yang Di Percaya Mengundang Bencana

Seiring dengan kemajuan jaman, dikala ini insan bisa dibilang sudah bisa memahami penyebab dari fenomena alam yang terjadi. Kita tentu sudah paham bagaimana petir bisa muncul atau kenapa musibah ibarat gempa dan juga tsunami bisa muncul.

Namun semua pemahaman perihal penyebab fenomena alam ini tentu tak tiba dalam sekejab mata. Butuh ratusan tahun bagi insan bahwa pergesekan listrik statis di udara ialah penyebab munculnya petir atau pergeseran lapisan bumi sebagai penyebab munculnya gempa dan tsunami. 

Sebelum itu insan biasanya menghubungkan terjadinya peristiwa ataupun fenomena alam lainya sebagai ulah dari makhluk mitologi yang ada di dunia.

Karena itu terdapat banyak sekali legenda perihal makhluk-makhluk mitologi yang konon menjadi penyebab terjadinya peristiwa alam. Kisah perihal makhluk mitologi penyebab musibah inilah yang kali ini akan anehdidunia.com bagikan kisahnya..berikut kisahnya..

Katoy Oken, Roh Laut Yang Mengakibatkan Tsunami

 dikala ini insan bisa dibilang sudah bisa memahami penyebab dari fenomena alam yang terja Makhluk Legenda Mitologi Yang Di Percaya Mengundang Bencana

Setelah insiden tsunami besar pada tahun 2004 yang nyaris menyapu sepertiga belahan dunia termasuk Indonesia. Masyarakat  dunia sekarang sudah lebih waspada terhadap bahaya gelombang maritim raksasa ini, serta lebih memahami penyebab munculnya tsunami yang biasanya disebabkan oleh gempa bawah laut.

Karena itu dikala ini sudah banyak terpasang alat pedeteksi tsunami yang bisa membaca getaran dalam maritim dan memprediksi datangnya tsunami.

Namun lain kisah dengan sebuah suku berjulukan Moken yang tersebar di beberapa pulau kecil yang ada di sekitar Myanmar dan Thailand. Bagi suku Moken datangnya Tsunami merupakan jawaban dari kemarahan roh maritim berjulukan Katoy Oken.

Dalam legenda yang telah berusia ribuan tahu  ini, suku Moken percaya kalau datangnya tsunami ialah lantaran kemarahan roh Katoy Oken yang kemudian membuka mulutnya dan menjadi gelombang besar yang akan melahap apapun yang ia lewati.

Kalau sudah begini, maka suku Moken akan mengambil buah kelapa dan melemparkanya ke maritim serta memukulkan buahnya pada pohon. Sahabat anehdidunia.com suku Moken percaya dengan melaksanakan ritual ini maka kemarahan dari Katoy Oken akan reda dan gelombang tsunami yang tiba akan melewatkan warga suku Moken dan kapal yang mereka miliki.

Terdengar aneh memang, tapi pada insiden tsunami besar tahun 2004 yang lalu, sekitar 200 anggota suku moken yang mendiami sebuah pulau juga ikut tersapu tsunami. Namun ajaibnya hanya satu orang saja anggota suku Moken yang di kabarkan menghilang. Padahal tsunami yang dipicu oleh gempa berkekuatan 8.9 skala richter ini menewaskan tak kurang daro 175 ribu juwa dan 125 ribu lain hilang.

Namazu, Lele Raksasa Yang Mengakibatkan Gempa

 dikala ini insan bisa dibilang sudah bisa memahami penyebab dari fenomena alam yang terja Makhluk Legenda Mitologi Yang Di Percaya Mengundang Bencana
Namazu via wikipedia
Sebagai salah satu negara yang paling sering diguncang gempa bumi,  Jepang merupakan negara yang meliliki pemahaman serta infrastruktur penangan gempa yang cukup maju. Warga Jepang juga sudah hapal betul bagaimana harus bertindak dikala gempa mengguncang wilayah mereka. Karena itu gempa sudah bukan hal yang asing, gosip perihal gempa bisa kita temukan dengan mudah. penanganan perihal gempa bahkan sudah menjadi kurikulum yang wajib diajarkan di sekolah.

Namun meski begitu warga Jepang juga tetap mempercayai adanya makhluk mitologi yang bisa menjadikan gempa. Sahabat anehdidunia.com makhluk tersebut ialah "Namazu" sesosok ikan lele raksasa yang konon kibasan ekornya bisa menjadikan gempa bumi.

Dalam sejarahnya konon Namazu dulunya merupakan roh bertugas memberi peringatan akan datangnya bencana. Karena itu ia kemudian diangkat oleh tuhan Kashima sebagai penjaga bumi. Karena itu di Jepang terdapat sebuah watu keramat yang menjadi kawasan Namazu bersemayam.

Masyarakat Jepang juga percaya bahwa Namazu hanya akan memanggil gempa dikala insan sudah terlalu tamak. Gemba buni yang diakibatkan oleh Namazu konon akan menghancurkan properti orang kaya yang tamak biar mereka bisa membagi kekayaanya pada orang lain yang membutuhkan. Karena itu meski merupakan makhluk yang dipercaya mendatangkan gempa bumi, sosok Namazu tetap dipercaya sebagai "Yo Kai" (makhluk gaib) baik yang menjaga keseimbangan alam.

Pachamama, Roh Bumi Yang Kemarahanya Mengundang Bencana

 dikala ini insan bisa dibilang sudah bisa memahami penyebab dari fenomena alam yang terja Makhluk Legenda Mitologi Yang Di Percaya Mengundang Bencana

Bagi masyarakat suku Inca yang mendiami wilayah pegunungan Andes, segala sesuatu yang terjadi di alam merupakan serpihan dari eksekusi alam yang berafiliasi dengan roh bumi yang berjulukan Pachamama. Di kenal juga sebagai dewi bumi, Pachamama dianggap sebagai roh alam yang menjaga keseimbangan antara manusia, binatang dan juga tumbuhan. Dengan berkah dari Pachanama warga Inca percaya tanah akan menjadi subur dan binatang akan berkembang biak dengan pesat.

Karena itu di beberapa negara ibarat Kolombia, Venezuela, Ekuador, Peru, dan Boliviam biasanya diadakan upacara persembahan dengan mengorbankan binatang ternak dan hasil panen untuk berterima kasih pada Pachanama.

Namun selain sebagai dewi kesuburan, bagi masyarakat Inca, Pachanama juga dipercaya sebagai sosok yang bertanggung jawab atas terjadinya gempa bumi, tanah longsor dan juga badai. Masyarakat Inca percaya kalau jika ada yang merusak alam, maka Pachanama akan menunjukan amarahnya dengan mendatangkan peristiwa bagi manusia. Dan dikala sedang murka konon Pachanama juga bisa berubah wujudnya menjadi naga atau ular besar untuk menakuti manusia.

Karena itu bagi masyarakat Inca menjaga kelestarian alam itu wajib hukumnya biar terhindar dari kemarahan Pachanama.

Bernardo Carpio, Raksasa Yang Mengakibatkan Gempa

 dikala ini insan bisa dibilang sudah bisa memahami penyebab dari fenomena alam yang terja Makhluk Legenda Mitologi Yang Di Percaya Mengundang Bencana

Sama halnya dengan Indonesia, di negara tetangga kita Filipina masih terdapat banyak kisah mistis dan juga legenda perihal makhluk-makhluk gaib. Salah satu misalnya ialah kisah perihal Bernardo Carpio, seorang raksasa yang terjebak dibawah dua watu besar yang ada di gunung Montalban. Sosok raksasa ini juga dipercaya merupakan menjadi dalang dari setiap gempa bumi yang muncul di Filipina.

Menurut legenda yang ada dulu, kono Bernaro sebetulnya merupakan orang biasa, hanya saja ia mempunyai badan yang sangat besar dan kuat. Dalam kisah lain sosok Bernanrdo juga dipercaya merupakan salah satu hero yang melawan penjajahan Spanyol di Filipina. Karena hal inilah pihak Spanyol yang merasa terancam dengan kekuatan Bernardo kemudian menyewa dua orang dukun berpengaruh yang kemudian berhasil mengurung Bernardi dibawah dua watu besar.

Sejak dikala itu konon Bernardo sudah tak terlihat lagi, namun sampai sekarang banyak warga Filipina yang percaya kalau Bernardo masih hidup dan terus berusaha keluar dari bawah watu yang mengurungnya. Nah perjuangan Bernardo untuk kelar dari watu inilah yang dipercaya warga Filipina menjadi asal-usul munculnya gempa bumi.

Kagutsuchi, Roh Asal Mula Lava

 dikala ini insan bisa dibilang sudah bisa memahami penyebab dari fenomena alam yang terja Makhluk Legenda Mitologi Yang Di Percaya Mengundang Bencana

Merupakan salah satu "Kami" atau tuhan dalam aliran Shinto, Kagutsuchi ialah roh perlambang api yang konon lahir dari dua tuhan tertinggi yaitu Iazanami dan Izanagi. Namun dalam proses kelahiranya panas yang muncul dari unsur api Kagutsuchi,  justru menewaskan ibunya sendiri Izanami. Karena insiden ini Izanami hasilnya harus di kirim ke dunia kegelapam (Yomi). Mendengar hal ini Izanagi kemudian berusaha untuk menjemput istrinya Izanami yang terjebak dalam dunia Yomi, namun sayangnya Izanagi tiba terlambat lantaran Izanami sudah terlanjur memakan buah yang tunbuh dalam Yomi sampai tak bisa lagi kembali ke dunia.

Akibat hal ini Izanagi hasilnya sangat murka dan dengan memakai pedangnya Ame no Ohabari  jemudian memotong-motong  Kagutsuchi menjadi delapan bagian.

Darah Kagutsuchi yang menetes dari Ame no Ohabari inilah yang konon kemudian menetes ke dunia dan menjadi asal mula munculnya lahar. Karena sangking panasnya lahar dari darah Kagutsuchi inilah yang kemudian mulai memunculkan gundukan tanah di dunia yang kemuian menjadi gunung berapi.

Dari kisah inilah rakyat Jepang percaya bahwa kalau ada gunung yang meletus maka itu merupakan membuktikan kalau Kagutsuchi sedang murka dan darahnya yang telah menjadi lahar mendidih dan menciptakan gunung meletus.

Badai Petir Yang Disebabkan Oleh Thunderbird

 dikala ini insan bisa dibilang sudah bisa memahami penyebab dari fenomena alam yang terja Makhluk Legenda Mitologi Yang Di Percaya Mengundang Bencana

Sebagai salah satu negara yang paling maju di dunia, amerika tentunya sudah mempunyai teknologi yang memadai untuk meneliti peristiwa alam. Namun meski begitu bukan berarati masyarakat di sana tak mempunyai kepercayaan yang mistis yang eyakini kalau musibah di sesabkan oleh sosok magis.

Contohnya ibarat kepercayaan mereka perihal sosok makhluk mistis berjulukan Thunderbird yang dipercaya bisa mendatangkan angin puting-beliung petir, hujan, dan angin kencang. Mitos damai burung misis ini sendiri sudah ada semenjak berabad-abab yang kemudian dan menjadi kepercayaan bagi suku orisinil benua Amerika yaiu suku Indian.

Setiap suku ini sebetulnya punya versi yang berbeda-beda perihal Thunderbird, namun semuanya masih pada garis yang sama yaitu makhluk mitologi yang sanggup mengundang peristiwa kalau insan sudah merusak alam.

Diantara banyaknya suku Indian, dua suku diantaranya mempunyai kepercayaan yang cukup berpengaruh perihal Thunderbird, mereka ialah suku  Winnebago dan suku Quillayute.

Hanya saja dua suku ini mempunyai pandangan yang berbeda perihal sosok Thunderbird. Bagi suku Winnebago, Thunderbird bukan burung biasa melainkan makhluk mistik yang bahkan bisa berubah jadi insan da kemarahanya akan mengndang bencana.

Sedangkan bagi Quillayute, Thunderbird merupakan roh alam yang baik dan senag menolong manusia. Bagi suku Quillayute, peristiwa yang diberikan Thunderbird merupakan teguran bagi mereka. Suku Quillayute jua percaya kalau sehabis mendatangkan peristiwa maka Thunderbird memperlihatkan mereka banyak masakan sebelum hasilnya kebali terbang ke langit.

Referensi:
https://listverse.com/2019/09/25/10-crazy-ways-humans-have-tried-to-explain-natural-disasters/
https://en.wikipedia.org/wiki/Pachamama
https://en.wikipedia.org/wiki/Bernardo_Carpio

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel