Tips

Fakta Unik Dan Menyeramkan Menara London

Inggris yaitu nama dari negara kerajaan yang sentra pemerintahannya bertempat di London. Makara bukan hal yang mengherankan kalau kemudian London mempunyai banyak bangunan bertema kerajaan. Satu dari sekian banyak bangunan tersebut yaitu Menara London yang terletak di tepi Sungai Thames. Sebagai bangunan yang sudah berdiri selama berabad-abad dan banyak dikunjungi wisatawan, Menara London pun mempunyai dongeng uniknya sendiri. Berikut ini yaitu 8 hal menarik mengenai Menara London yang perlu anda ketahui:

1. Menara London Bukan Hanya Terdiri dari Menara

 Inggris yaitu nama dari negara kerajaan yang sentra pemerintahannya bertempat di London Fakta Unik dan Menakutkan Menara London

Berbeda dengan namanya. Apa yang disebut sebagai Menara London aslinya bukan hanya terdiri dari bangunan menara. Melainkan suatu kompleks bangunan yang strukturnya lebih mirip kastil atau kompleks perbentengan. Di serpihan tengah, terdapat bangunan bertingkat dengan menara-menara tinggi di sejumlah sudutnya. Lalu di luarnya, terdapat barisan tembok yang amat tebal dan serpihan atasnya sanggup digunakan berlalu lalang.

Menara London sendiri pada awalnya memang dibangun untuk keperluan perbentengan. Tepatnya pada tahun 1066 oleh William Sang Penakluk, tokoh yang memimpin invasi bangsa Norman ke tanah Inggris. Sejak itu, bangunan yang bersangkutan terus mengalami pembaruan dan modifikasi hingga jadinya menjadi mirip yang kita lihat sekarang.

2. Tokoh-Tokoh Termahsyur Inggris Pernah Ditahan di Sini

 Inggris yaitu nama dari negara kerajaan yang sentra pemerintahannya bertempat di London Fakta Unik dan Menakutkan Menara London

Sejumlah tokoh penting diketahui pernah ditahan di Menara London. Salah satu yang paling populer yaitu Putri Elizabeth yang kelak bertahta sebagai ratu di masa keemasan Inggris. Ia sempat dijebloskan ke kawasan ini oleh saudarinya yang bergelar Ratu Mary I sebab ia curiga Elizabeth berniat mengkudetanya. Beruntung bagi Elizabeth, tuduhan tersebut tidak terbukti dan ia dibebaskan 2 bulan kemudian.

Tokoh lainnya tidak bernasib seberuntung Elizabeth. Ibu Elizabeth yang berjulukan Anne Boleyn dieksekusi mati di Menara London pada tahun 1536 atas tuduhan berselingkuh dengan laki-laki lain. Sementara di tahun 1605, Guy Fawkes dipenjara dan disiksa di Menara London sebab mencoba meledakkan gedung dewan legislatif Inggris. Fawkes sendiri jadinya dieksekusi mati di seberang gedung parlemen. Potret wajah Fawkes nantinya menjadi sumber ilham untuk huruf V For Vendetta serta topeng gerakan Anonymous.

3. Menara London Pernah Menjadi Tempat Hukuman Mati

 Inggris yaitu nama dari negara kerajaan yang sentra pemerintahannya bertempat di London Fakta Unik dan Menakutkan Menara London

Sepanjang sejarahnya, sudah ada 22 orang yang dieksekusi mati di Menara London. Yang menarik yaitu dengan melihat usia bangunan yang bersangkutan, ternyata sanksi mati terakhir yang mengambil kawasan di bangunan ini terjadi belum begitu lama. Sahabat anehdidunia.com korban sanksi mati terakhir di Menara London yaitu Josef Jakobs, seorang biro diam-diam asal Jerman yang dieksekusi mati pada tahun 1941 dengan cara ditembak.

Sebelum senjata api ditemukan, sanksi mati dilakukan dengan metode pemenggalan. Tidak jarang sanksi mati dilakukan di depan orang banyak untuk menunjukkan imbas gentar supaya rakyat London tidak berani membangkang kepada raja. Mula-mula, tawanan akan dibawa ke Menara London untuk ditahan dan diadili. Jika ia memang terbukti bersalah, ia akan dijatuhi sanksi pancung 48 jam kemudian.

Orang terakhir yang dieksekusi pancung di Menara London yaitu Simon Fraser, tokoh pemberontak asal Skotlandia. Ia dieksekusi mati di kawasan tersebut pada tahun 1747. Namun bukan hanya itu hal menarik dari peristiwanya. Saat Fraser hendak dipenggal, orang-orang berkerumun di sekitar panggung sanksi untuk menyaksikan proses pemenggalannya.

Saat itulah hal yang tidak diduga-duga terjadi. Karena jumlah orang yang berkumpul untuk menonton terlalu banyak, panggung serta tangga kawasan mereka berdiri tidak berpengaruh menahan beban. Akibatnya, tangga tersebut runtuh dan sebanyak 9 orang tewas jawaban terjatuh atau tertimpa reruntuhan. Maksudnya ingin menyaksikan momen maut seseorang, justru mereka sendiri yang bernasib naas.

4. Ada Pemenggalan yang Harus Diulang Hingga Belasan Kali

 Inggris yaitu nama dari negara kerajaan yang sentra pemerintahannya bertempat di London Fakta Unik dan Menakutkan Menara London

Tidak semua sanksi mati dilakukan di depan orang banyak. Khusus untuk mereka yang berasal dari golongan bangsawan, sanksi matinya bakal dilakukan di kawasan tertutup. Margaret Pole yaitu contohnya. Bangsawati asal Salisbury tersebut dieksekusi penggal di kawasan yang tidak sanggup dilihat oleh publik.

Namun dongeng terkait sanksi mati Margaret belum berhenti di sana. Saat hari sanksi jadinya tiba, terjadi hal yang tidak terduga sehingga pemenggalan harus diulang berkali-kali. Baru setelah upaya pemenggalan ke-11, Margaret berhasil dibunuh hingga kepalanya terpisah dari badannya. 

5. Menara London Memiliki Tembok yang Amat Tebal

 Inggris yaitu nama dari negara kerajaan yang sentra pemerintahannya bertempat di London Fakta Unik dan Menakutkan Menara London

Karena bangunan ini mempunyai tugas sebagai benteng sekaligus kawasan memenjarakan tokoh-tokoh penting, Menara London pun dibangun supaya sulit ditembus dari luar maupun dalam. Menara London dilaporkan mempunyai ketebalan tembok mencapai 4,5 meter. Supaya anda lebih gampang membayangkannya, bayangkanlah ada 3 orang cukup umur yang sedang berbaring sambil membentuk barisan. Kira-kira sepanjang itulah ketebalan tembok Menara London. 

Bangunan yang kokoh tidak akan ada gunanya kalau tidak ada orang yang menjaganya. Demikian pula halnya dengan Menara London. Setiap hari menjelang pukul 10 malam, para penjaga akan melaksanakan patroli untuk memastikan semua gerbang sudah berada dalam kondisi terkunci. Sesudah itu, mereka akan melaksanakan upacara militer untuk memastikan kalau kunci masing-masing pintu berada di kawasan yang aman. 

6. Menara London Pernah Menjadi Sasaran Pemberontakan

 Inggris yaitu nama dari negara kerajaan yang sentra pemerintahannya bertempat di London Fakta Unik dan Menakutkan Menara London

Tahun 1381, pernah terjadi pemberontakan di London. Pemberontakan itu sendiri dipicu oleh keputusan Raja Richard II untuk menarik pajak gres kepada rakyatnya. Merasa ditindas atas keputusan sepihak tersebut, sebanyak 20 ribu rakyat Inggris yang dipimpin oleh Walter Tyler lantas berkumpul ke London dan eksklusif menuju Menara London.

Awalnya para pemberontak tersebut bermaksud tiba untuk berbicara kepada Raja. Namun ketika pintu gerbang dibuka, sebanyak ratusan di antara mereka malah menyerbu masuk dan berlari menuju Menara Putih. Di sana, mereka eksklusif membunuh Simon Sudbury dan memenggal kepalanya. Sesudah itu, mereka eksklusif menuju ruang kediaman Raja untuk membunuhnya. Namun sebelum niat tersebut kesampaian, Tyler keburu dibunuh oleh prajurit bawahan raja sehingga berakhirlah pemberontakan.

7. Menara London Dihuni oleh Gagak yang Konon Menentukan Nasib Kerajaan

 Inggris yaitu nama dari negara kerajaan yang sentra pemerintahannya bertempat di London Fakta Unik dan Menakutkan Menara London

Salah satu legenda paling populer terkait Menara London yaitu mengenai keberadaan burung-burung gagak yang bersarang di dalamnya. Keberadaan burung gagak tersebut dianggap begitu penting sebab mempunyai kaitan eksklusif dengan masa depan kerajaan. Menurut legenda, kalau burung-burung gagak yang awalnya menghuni Menara London hingga terbang melarikan diri, maka Kerajaan Inggris akan runtuh.

Pihak kerajaan sendiri ternyata menganggap serius legenda tersebut. Di dalam Menara, terdapat sangkar-sangkar yang berisi setidaknya 6 ekor gagak. Sebagian di antara mereka sayapnya bahkan sengaja dijepit biar tidak sanggup terbang terlalu jauh seandainya berhasil melarikan diri. Pihak kerajaan juga memperkerjakan orang khusus untuk merawat gagak-gagak ini, di mana profesinya dikenal dengan sebutan Ravenmaster.

Karena gagak normalnya tidak dipandang sebagai burung yang indah, Raja Charles II pun awalnya sempat berniat memindahkan gagak-gagak tersebut. Namun setelah ia mendengar legenda mengenai gagak dan Menara London, ia membatalkan niatnya tersebut. Kalau berdasarkan anda sendiri, apakah Kerajaan Inggris memang bakal benar-benar runtuh kalau Menara London hingga kehilangan gagaknya?

8. Ada Penampakan Hantu di Menara London

 Inggris yaitu nama dari negara kerajaan yang sentra pemerintahannya bertempat di London Fakta Unik dan Menakutkan Menara London

Karena Menara London  merupakan bangunan bau tanah yang pernah menjadi kawasan sanksi mati, sudah sanggup ditebak kalau bangunan ini pun mempunyai nuansa angkernya sendiri. Menurut kesaksian orang-orang yang pernah berkunjung ke Menara London, hantu-hantu perempuan berwarna putih dan hitam kerap menampakkan diri di Menara London. 

Mereka juga mengaku seperti melihat sesuatu tengah berdiam di pojokan. Namun ketika mereka mengalihkan pandangannya ke arah tersebut untuk melihatnya dengan lebih jelas, sesuatu tersebut menghilang begitu saja. Selain penampakan visual, sejumlah pengunjung Menara London juga mengaku kalau kadang kala mereka mencium anyir asing mirip parfum dan sesuatu tak terlihat mencoba menyentuh pundak mereka.

Sumber :
https://www.factinate.com/places/facts-tower-of-london/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel